Berbagi Kebahagiaan

Kamis, 04 Juni 2015

Berkenalan dengan Ubuntu

21.16 Posted by AGUNG RAFIYUDIN , No comments
Bismillahirrohmanirrohiim

Assalmu’alaikum Warrohmatullahi Wabarrokatuh 

Ilustrasi :
Ketika kita membeli sebuah perangkat PC/Laptop biasanya tidak perlu memasang (install) perangkat lunak (software) apapun. karena penjual/toko sudah melengkapi perangkat tersebut dengan perangkat lunak (software) / aplikasi yang umum kita gunakan untuk membantu pekerjaan kita di kantor ataupun di rumah. Dan kita tidak dapat memasang (install) aplikasi-aplikasi yang kita butuhkan jika di perangkat tersebut belum terpasang sebuah sistem operasi.

Sistem Operasi
Sebuah perangkat PC/Laptop belum dapat dirasakan manfaatnya jika belum terpasang sebuah atau beberapa sistem operasi. Sistem operasi (Operating System) adalah seperangkat program yang mengelola sumber daya perangkat keras komputer atau hardware, dan menyediakan layanan umum untuk aplikasi perangkat lunak. Sistem operasi adalah jenis yang paling penting dalam sistem komputer. Tanpa sistem operasi, pengguna tidak dapat menjalankan program aplikasi pada komputer mereka, kecuali program aplikasi booting. Penjelasan umum tentang Sistem Operasi dapat kita baca di Wikipededia - Sistem Operasi.

Berikut adalah contoh-contoh sistem operasi :
- Ubuntu (Linux Debian)
- Macintosh
- Microsoft Windows


Tidak dapat kita pungkiri, bahwa kita sangat mudah menemukan masyarakat yang menggunakan perangkat yang terpasang sistem operasi Microsoft Windows terlepas itu terpasang secara legal (membeli secara resmi) maupun ilegal (salinan/bajakan).

Namun sebenarnya, jika kita tidak mampu untuk membeli sistem operasi beserta aplikasinya secara resmi, banyak sistem operasi yang bersifat terbuka (opensource) dan gratis yang berbasiskan Linux, diantaranya yaitu : Ubuntu. Untuk mengetahui sistem operasi apa saja yang lain yang berbasis Linux dapat kita lihat di distrowatch.com.

Baiklah, sekarang kita bahas tentang Ubuntu.


Ubuntu
merupakan salah satu distribusi Linux yang berbasiskan Debian dan didistribusikan sebagai perangkat lunak bebas perangkat lunak bebas . Ubuntu dirancang untuk kepentingan penggunaan pribadi, namun versi server Ubuntu juga tersedia, dan telah dipakai secara luas. Proyek Ubuntu resmi disponsori oleh Canonical Ltd. yang merupakan sebuah perusahaan yang dimiliki oleh pengusaha Afrika Selatan Mark Shuttleworth. Ubuntu adalah sistem operasi lengkap berbasis Linux, tersedia secara bebas, dan mempunyai dukungan baik yang berasal dari komunitas maupun tenaga ahli profesional.

Kemampuan Ubuntu sebagai sistem operasi tidak kalah jika dibandingkan dengan yang lain. Begitu juga aplikasi-aplikasi yang sudah tertanam bersama pada saat kita memasang/install pada perangkat kita. Driver perangkat pun sudah dapat dikenali dengan baik sehingga kita tidak perlu bersusah payah mencari driver yang pas untuk kita install.

Berikut ini adalah daftar aplikasi yang terpasang bersama :
- LibreOffice :
  - LibreWriter : aplikasi pengolah kata pengganti Ms. Word di Ms. Windows
  - LibreCalc : aplikasi pengolah angka pengganti Ms. Excell di Ms. Windows
  - LibreImpress : aplikasi pembuat presentasi pengganti Ms. PowerPoint di Ms. Windows
- Brasero Disc Burner : aplikasi untuk membakar (burning) CD
- Movie Player : aplikasi untuk menayangkan file video
- Rhythm Box Music Player : aplikasi untuk memainkan file musik
- Mozilla Firefox : aplikasi untuk menjelajah internet (Browser)

Dan jika masih ada aplikasi yang kita butuhkan namun belum terpasang, kita dapat memasangnya tetapi kita harus terkoneksi internet.

Tetapi jangan khawatir, bagi kita yang terkendala dengan koneksi internet, kita masih dapat meng-install secara offline dengan cara mengunduh terlebih dahulu di bengkelubuntu.org yang nantinya dapat kita install dengan aplikasi alldeb yang panduan untuk meng-install dapat kita lihat di menu PANDUAN INSTALL ALLDEB halaman tersebut.

Apa itu Alldeb bisa dilihat di sini.

Punya masalah yang ingin ditanyakan? Ada forum di Facebook-nya juga lho, klik di sini.

Tampilannya sepertih apa sih? ini dia


Desktop


File Manager

Movie Player


Ubuntu dirilis sebanyak 2 (dua) kali dalam satu tahun, yaitu setiap bulan April dan Oktober. Kode sebuah rilis ubuntu adalah tahun dan bulan rilis, seperti : 14.10 (tahun 2014 bulan Oktober), 15.04 (tahun 2015 bulan April). Sebaiknya kita menggunakan versi yang stabil. Untuk versi stabil saat ini adalah 14.04.2 (Trusty Tahr)

Nah, itulah sedikit perkenalan kita dengan Ubuntu. Untuk lebih mengenal lagi akan dibahas pengalaman menggunakan Ubuntu sebagai bahan pertimbangan kita untuk mencoba menggunakan ubuntu dan selanjutnya adalah Jatuh Cinta terhadap Ubuntu serta selalu berusaha menggunakan Teknologi yang Resmi menurut hukum yang berlaku.

Tidak lupa untuk memberi semangat : "Bisa Karena Terbiasa"

Alhamdulillahirobbil ‘alamiin











0 komentar:

Posting Komentar