Berbagi Kebahagiaan

Senin, 01 Juni 2015

Berkenalan dengan LibreOffice

13.09 Posted by AGUNG RAFIYUDIN , , 4 comments
Bismillahirrohmanirrohiim

Assalmu’alaikum Warrohmatullahi Wabarrokatuh

Sebagai seorang awam atau pemula dalam penggunaan aplikasi perkantoran dapat dipastikan belum mengetahui apa itu LibreOffice. Bagi kebanyakan orang yang memiliki perangkat komputer/laptop yang terpasang Sistem Operasi buatan Microsoft yaitu Ms. Windows, dalam pekerjaan sehari-hari hanya menggunakan aplikasi perkantoran :

1. Ms. Word : untuk pengolahan kata (pengetikan surat-menyurat, membuat proposal, dan lain-lain)
2. Ms. Excel : untuk pengolahan angka (membuat tabel, membuat laporan keuangan, dan lain-lain)
3. Ms. Power Point : untuk membuat presentasi.


Aplikasi di atas tanpa menunjukkan rasa curiga memiliki 2 (dua) kemungkinan, yaitu : Asli sudah bundling bersama perangkat (PC/Laptop), dan Ilegal Copy atau Bajakan. Sangat saya sarankan jika masih ingin menggunakan aplikasi di atas, gunakanlah secara legal atau dengan cara membelinya secara resmi.


Dengan tulisan ini saya ingin mengenalkan kepada semua aplikasi perkantoran yang berlisensi Open Source (terbuka) yang dapat kita unduh dan digunakan secara gratis.

Libre Office dapat berjalan pada Sistem Operasi Linux dan juga Microsoft Windows. Jika Anda berminat untuk mencoba menggunakannya, Anda dapat mengunduhnya pada halaman resminya di SINI (tunggu sampai pesan download muncul)

Jika sudah berhasil memasang/meng-install sekarang Anda dapat mencoba dan membiasakan diri karena mungkin Anda sudah terbiasa menggunakan aplikasi perkantoran yang lain.

Hanya untuk mengingatkan : Bisa Karena Ter-Biasa

Selanjutnya saya akan mencoba untuk membuat tulisan tentang cara penggunaan Libre Office yang bersifat aplikatif sehingga mudah untuk dipelajari.

Terima kasih dan sampai jumpa pada tulisan lainnya.

Alhamdulillahirobbil ‘alamiin


4 komentar:

  1. Percayalah. Tulisan bertopik perkenalan Libreoffice sangat jarang ada di luar negeri apalagi di Indonesia. Saya senang sekali akang menulisnya.

    Adapun mengenai kebahasaan, akang tampak punya bakat dan sudah punya bibit kepercayaan diri. Itu tolong dikembangkan. Tata bahasa yang ada perlu akang kembangkan dengan mempelajari buku EYD dan pedoman-pedoman kebahasaan. Ini sudah saya kumpulkan biar akang tidak sulit mencarinya https://restava.wordpress.com/2015/01/02/kumpulan-pranala-rujukan-ilmu-bahasa-indonesia/. Selamat belajar. Selamat berkarya.

    Saya pribadi sangat senang dengan hadirnya blog akang.

    BalasHapus
  2. Terima kasih kang Ade Malsasa Akbar, ini sangat menambah motivasi saya untuk lebih banyak menulis tentang LibreOffice. Saya memiliki keyakinan yang besar bahwa Linux ataupun Open Source akan lebih dikenal jika kita membantu masyarakat dalam menggunakan LibreOffice sebagai pengganti Microsoft Office. Pengamatan di sekitar menunjukkan pengguna awam hanya menggunakan yang sudah biasa digunakan tanpa mengetahui bahkan mempedulikan itu Legal atau Ilegal. Secara pribadi saya akui memulai untuk membiasakan menggunakan LibreOffice sangat sulit karena sudah terbiasa dan harus membiasakan menggunakan Ms. Word dan Ms. Excell karena faktor pekerjaan yang menuntut selesai dengan waktu yang cepat. Sekali lagi terima kasih atas motivasinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. "Saya memiliki keyakinan yang besar bahwa Linux ataupun Open Source akan lebih dikenal jika kita membantu masyarakat dalam menggunakan LibreOffice sebagai pengganti Microsoft Office."

      Ini bukti kecerdasan, lho.

      Hapus
    2. Terima kasih Kang Ade, saya berencana ingin mengenalkan atau membiasakan mereka yang belum mengenal LibreOffice dengan bantuan file ADeMBOS yang saya buat (sebelumnya dan saat ini masih menggunakan Ms. Excell) dalam format ods, namun sementara ketika saya 'Save as' dalam format ods banyak formula/rumus yang kacau sehingga perlu membangun ulang beberapa formula yang error. Dengan file ADeMBOS dengan format ods diharapkan menjadi terbiasa menggunakan LibreCalc yang secara visual sangat jauh berbeda dengan Ms. Excell yang biasa mereka gunakan. Memberikan pengetahuan yang aplikatif dengan pekerjaan sehari-hari diharapkan menarik minat mereka mencoba dan menggunakan LibreOffice.

      Hapus